4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blogger - Future Technology
Breaking News
Loading...
23 September 2013

4 Cara Menghasilkan Uang Dari Blogger

Monday, September 23, 2013
4 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog
Banyak sekali motivasi orang dalam mengelola blog. Ada yang membuat blog untuk sekedar menyalurkan hobi menulis dan menuangkan aspirasi, ada juga yang membuat blog untuk keperluan mencari uang, dan masih banyak lainnya. Bagaimana dengan anda ? Apa motivasi anda membuat blog ?
Topik kali ini akan membahas tentang beberapa cara yang dapat anda sebagai blogger dapat lakukan untuk membuat blog anda agar bisa menghasilkan uang. Tentunya dengan cara yang baik dan benar.
Banyak sekali teman-teman blogger dari Indonesia yang memiliki penghasilan mulai dari ratusan atau sampai ribuan dollar dari blog yang mereka miliki. Memang, penghasilan sebesar itu tidaklah aneh, jika kita lihat seberapa besar potensi bisnis online di dunia maya.
Baiklah, daripada saya terlalu panjang lebar menjelaskan, lebih baik kita lihat saja beberapa cara yang bisa saya utarakan untuk anda.

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

1. Membuka Lapak Iklan
Cara pertama ini merupakan yang rata-rata digunakan oleh teman-teman blogger Indonesia. Mereka menyediakan dan menawarkan beberapa tempat pada blog mereka untuk dipasangi iklan oleh advertiser.
Tapi tentunya itu tidaklah semudah kelihatannya. Untuk bisa menarik para advertiser untuk beriklan di blog anda, yakini dahulu bahwa blog anda sudah cukup dalam segi kualitas dan memiliki nilai jual.
Bagaimana cara mengetahuinya ? Mudah saja, anda bisa melihat pada seberapa banyak jumlah visitor anda dan seberapa kecil ranking website anda di alexa.
Jika dirasa blog anda sudah cukup berkualitas dan juga memiliki daya jual, anda bisa membuka lapak iklan untuk disewakan. Berikut saya sertakan contohnya :
Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

Dengan cara ini anda sendiri yang akan mengelola iklan yang ada. Harga untuk masing-masing iklannya pun anda sendiri yang menentukan. Jadi semakin berkembang blog anda, maka bukan tidak mungkin jika harga sewa iklan di blog anda juga meningkat.

2. Menggunakan Layanan PPC
Selain membuka lapak iklan sendiri, kita juga bisa mengikuti program periklanan berbasis PPC (Pay Per Click). Secara konsep, cara ini hampir sama dengan cara pertama yaitu menyediakan tempat untuk iklan pada blog kita. Hanya saja untuk kali ini, para advertiser semua berasal dari si pihak ketiga atau si pengelola program PPC ini. Untuk harga iklan pun semua tergantung dari seberapa banyak iklan pada blog anda di klik orang.
Semakin banyak iklan anda di klik maka semakin banyak juga penghasilan yang anda dapatkan dari situ.
Dengan begitu, kita tidak perlu susah payah mencari advertiser yang mau beriklan. Kita hanya perlu mengikuti program PPC ini dan mengikuti persyaratan yang ditentukan.
Untuk saat ini ada 2 nama PPC yang bisa anda coba gunakan.
A. Google Adsense
4 Cara Mendapatkan Uang Dari BlogGoogle Adsense merupakan layanan periklanan PPC yang paling populer saat ini. Tidak hanya untuk blogger-blogger pemula, layanan ini pun digunakan oleh website-website proffesional.
Karena ini merupakan produk periklanan dari Google jadi saya rasa anda tidak perlu meragukan kredibilitasnya, karena saya sendiri pun merupakan publiser dari Google Adsense dan terbukti bahwa mereka memang benar-benar membayar.
Untuk masalah harga mereka juga menawarkan harga di kisaran $0,07-$0,2 per kliknya untuk blog berbahasa Indonesia. Itu artinya harga berada di pasaran Rp.700 sampai dengan Rp.2000 untuk satu buah kliknya.
Selain harga yang terbilang lumayan, iklan yang dimunculkan juga terbilang esklusif dan enak untuk dipandang mata. Anda juga bisa mengatur iklan apa saja yang anda inginkan muncul di blog anda.
Hanya saja untuk mendaftar program periklanan ini anda harus benar-benar memperhatikan kesiapan blog anda. Karena untuk proses penerimaan sebagai publisher, Google Adsense menilai dari berbagai aspek yang saya perkitakan adalah :
  • Konten pada blog anda
  • Artikel Original dan Bukan Copy Paste
  • Blog sudah rampung dan tidak masih dalam tahap konstruksi atau pengembangan
  • Memiliki topik pembahasan yang jelas
  • Konten tidak boleh melanggar kebijakan seperti pelanggaran SARA, pornografi, dan perjudian
Jika anda merasa blog anda sudah pantas untuk itu, silakan daftarkan blog anda. Untuk caranya bisa dibaca di Cara Mendaftar Google Adsense.
B. Klik Saya
4 Cara Mendapatkan Uang Dari BlogSelain Google Adsense, ada juga produk PPC lokal yang bernama Klik Saya. Model periklanan dari layanan ini sama seperti dengan model milik Google.
Hanya mungkin harga untuk tiap kliknya yang berbeda. Pada Klik Saya harga klik berkisar mulai dari Rp.300 -Rp.1000.
Persyaratan yang ditentukan oleh Klik Saya pun tidak begitu sulit jika kita bandingkan dengan persyaratan dari Google. Anda hanya perlu memiliki jumlah pageview sebesar 10.000 ribu perbulannya,
Untuk bisa jadi penerbit layanan ini, anda haruslah mendaftar terlebih dahulu. Silakan anda menuju link INI untuk mendaftar
 3. Menjalankan Program Affiliate
4 Cara Mendapatkan Uang Dari BlogPada dasarnya konsep dari program affiliate ini sama dengan program periklanan. Hanya saja jika konsep periklanan menggunakan prinsip PPC (Pay Per Click), maka Affiliate menggunakan prinsip PPA (Pay Per Action).
Maksudnya bagaimana ? Jadi anda akan dibayar ketika iklan yang ada pada blog anda di klik oleh orang, dan mereka yang mengklik iklan tersebut sampai ke website si pengiklan dan melakukan aksi. Aksi tersebut bisa saja dengan membeli barang ataupun melakukan download. Tergantung keinginan si pengiklan.
Bayaran yang anda dapatkan dari program ini cukup besar. Biasanya anda akan diberikan komisi untuk produk yang berhasil terjual berkat jasa anda. Standar rata-rata komisinya adalah 6%-20% dari harga produk. Jadi jika harga produknya cukup mahal, maka dengan menjual satu produk saja anda sudah akan mendapatkan income yang lumayan.
Apakah anda tertarik untuk mengikuti program ini ? Berikut saya punya beberapa nama penyedia program affiliate yang bisa anda coba :
1. ZALORA (Pernah Saya Ikuti)
2. Gramedia Affiliate
3. Berkah Herbal
4. Amazon Affiliate

4. Membuka Toko Online
4 Cara Mendapatkan Uang Dari BlogSiapa bilang membuka toko online harus menggunakan domain dan hosting sendiri ? Toko online juga bisa dibuat dengan menggunakan blog (Dalam Hal ini menggunakan Blogger).
Anda bisa membuat toko online dengan memanfaatkaan fitur blog, jadi anda hanya perlu mendownload template blogger yang dikhususkan untuk toko online.
Template tersebut pun banyak sekali yang menyediakannya dan bisa anda download secara gratis. Saya pun sudah pernah mencobanya di dalam blog percobaan saya.

Rasanya sampai disitu saja yang bisa saya sampaikan mengenai 4 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog . Sebenarnya cara untuk memonetisasi blog masih sangat banyak. Jadi untuk anda yang memiliki cara lain untuk memonetisasi blog anda, kiranya berkenan untuk sekedar berbagi pengalaman di kolom komentar. Semoga bermanfaat & Happy blogging !

2 comments:

  1. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok sama sama , terima kasih juga sebelumnya udah visit :)

      Delete

 
Toggle Footer